Monday, 30 April 2012

Membuat TOC di Ms Excel 2010

Diantara kita mungking sudah tidak asing bekerja dengan Ms Excel yang mempunyai bebeerapa sheet seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:






Masalah muncul kalau sheetnya banyak, tentu kita akan kesulitan untuk berpindah sheet dengan cepat, di Ms. Excel juga kita bisa membuat nya berpindah dengan cepat dengan membuat TOC/Table of Content (Daftar Isi) jadi Daftar Isi tidak hanya ada di Ms Word yang sering digunakan untuk membuat laporan.

Bagaimana caranya ?, ikutilah langkah-langkah dibawah ini:

  1. Tambahkanlah 1 worksheet lagi di workbook yang akan kita buat TOC dan berikan nama misal TOC
  2. Pada worksheet yang baru di sel A2 atau bisa di mana saja dan ketik misal: Table of Content
  3. Pindahkan pointer ke bawah 1 baris atau 2 baris dan ketik nama worksheet yang ada yaitu Jan, dan lakukan hal yang sama setiap barusnya untuk worksheet yang lain, Feb, Mar, etc ....
  4. Pindah ke worksheet Jan dan tekan Ctrl + K, maka berikutnya akan keluar jendela insert hyperlink seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini












5.  Pilih Place in this Document dan pilih worksheetnya dan klik OK
6.  Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan klik kanan dan pilih HyperLink













7. Berikutnya kita sudah dapat berpindah antara worksheet dengan cepat dengan hanya melakukan klik cell misal "Jan" (yang bercetak tebal dan berwarna), seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini










8. Kita juga dapat melakukan hal yang sama disetiap worksheet untuk berpindah ke worksheet TOC dengan cepat yaitu dengan cara yang sama membuat hyperlink, misal diworksheet Jan, Feb, Mar, etc diketik "Kembali ke TOC" dengan Ctrl + K atau Klik Right + Hyperlink.


Batam, April 30 2012 | 10.00 WIB

No comments:

Post a Comment