Saturday 7 September 2013

Apa itu ITIL ?

ITIL atau Information Technology Infrastructure Library merupakan kumpulan best practice dan framework tata kelola layanan teknologi informasi diberbagai bidang dan industri. Dibuat dan dikembangkan oleh Office of Government Commerce (OGC).
Perkembangan ITIL searah dengan perkembangan teknologi informasi Awalnya dokumentasi ITIL terdiri dari kurang lebih 40 publikasi yang kemudian dibagi dalam 7 domain dan selanjutnya dibagi atas 2 domain yaitu service support dan service delivery yang dikenal dengan versi 2 dan merupakan core dalam tata kelola layanan teknologi informasi atau IT Service Management. Versi terakhir saat ini adalah versi 3, perubahan mendasar pada versi ini adalah terletak pada sudut pandang pengelolaan IT, dimana versi 2 mengelola layanan sebagai sekumpulan proses dan fungsi sementara di versi 3 mengelola layanan sebagai lifecycle/ daur hidup.
Sebenarnya perusahaan atau pengelola layanan teknologi informasi yang tidak mengenal ITIL atau belum pernah mendengar ITIL belum tentu tidak mengetahui atau memahami proses-proses dalam ITIL, sebenarnya ITIL dibuatkan berdasarkan praktek-praktek pengelolaan teknologi informasi yang dianggap berhasil yang kemudian dirangkum menjadi sebuah framework.
Agar proses implementasi ITIL berhasil sebaiknya dilakukan assessment terhadap proses-proses pengelolaan layanan yang terdapat dalam ITIL dan harus memiliki tujuan dan obyektif yang jelas.
Perusahaan-perusahaan besar dan Multi National Company banyak mengimplementasikan ITIL sebagai standar proses dalam pengelolaan layanan teknologi informasi.

No comments:

Post a Comment